3D Printing Stand Holder Laptop di Bali

#30 Stand Holder Laptop hasil 3D Printing yang unik banget di Denpasar, Bali.

3D Printing Stand Holder Laptop di Bali

Karena posisi tempat duduk dan meja kerja yang kurang ergonomis, saya berpikir untuk menambahkan stand holder laptop supaya tidak pegel-pegel setiap selesai bekerja.

Sebenarnya cukup dengan mengetikan "Stand Holder Laptop" saja di Google, sudah ada 57 juta hasil pencarian dengan berbagai model dan harga.

Tapi, karena kemarin kebetulan berada di aplikasi Tokopedia karena ingin membeli 'sesuatu', maka langsung saja saya cari "Stand Holder Laptop" dan difilter lagi untuk daerah Denpasar.

Hasilnya adalah dibawah ini.

Kalau kamu adalah orang tipe visual seperti saya, maka kita akan tertarik pada satu gambar yang sama. Gambar paling atas, kedua dari kanan dengan warna cyan yang mencolok.

Begitu saya klik, ternyata ini adalah barang hasil 3D Printing.

Wah, pantesan harus preorder dulu.

Masih mengikuti Year of Novelty, saya memutuskan untuk memesannya. Sekalian mencoba bagaimana kualitas dari barang hasil 3D Printing.

Penjualnya (nama toko: Robothead Studio) bahkan sempat memastikan kembali warna yang saya inginkan. Sebuah sinyal yang bagus. 👍


Singkat cerita:

  • Saya memesan tanggal 28 Juni 2021, pukul 10 malam.
  • Tanggal 30 Juni 2021, pagi hari saya dihubungi untuk mengabarkan kalau barangnya sudah selesai dicetak dan siap dikirim.
  • Pukul 2 siang, barangnya sudah saya terima.

Review 3D Printing Stand Holder Laptop dari Robothead Studio

Pertama sih, saya mau mengapresiasi kehadiran Robothead Studio sebagai tempat bagi yang ingin mencetak desain 3D di Denpasar. Walau bukan yang pertama, tapi setidaknya jadi ada lebih banyak pilihan.

Oke, balik lagi ke stand holder laptopnya.

Bahan Kokoh

Bahan yang digunakan oleh produknya adalah PLA+. Saya sih kurang paham tentang bahan dasar pada 3D Printing, tapi dari apa yang saya baca, PLA+ ini punya beberapa keunggulan:

  • Lebih kuat dibanding PLA biasa.
  • Hasil akhir lebih rapi
  • Lebih sedikit jaring-jaring plastik

Jadi, tidak heran sih kalau hasil akhir produknya terlihat dan terasa kokoh.

Desain Keren

Desainnya ini dengan mudah bisa dibongkar pasang, jadi tidak perlu ribet kalau harus dibawa berpindah-pindah. Warna komponennya pun bisa diatur sesuai keinginan (ada beberapa pilihan warna yang tersedia).

Dua kombinasi ini membuatnya jadi sebuah stand holder laptop yang unik banget pokoknya deh.


Tapi, produk ini sih bukan tanpa kekurangannya ya. Ada beberapa hal yang saya catat bisa ditingkatkan sih:

  • Kerapian produk perlu ditingkatkan. Walau sepertinya sudah dihaluskan dan dirapikan, tapi masih ada beberapa sudut dan permukaan yang agak kasar dan ada sisa benang-benang plastiknya.
  • Ukuran Bagian (Part). Ini mungkin balik lagi ke desain produknya dan saya sih membaca kalau memang selalu ada perbedaan beberapa mm antara desain dan hasil cetakan. Tapi, beberapa part-nya terasa terlalu longgar (ukurannya terlalu kecil). Memang sih tidak menganggu fungsinya, tapi akan lebih baik kalau bisa diperbaiki.

Sekian saja sih tulisan ini. Kalau mau membeli langsung, bisa klik disini. Waktu preorder memerlukan 1 hari ditambah dengan waktu pengiriman.