BisaGratis.com, Ngapain Bayar kalau Bisa Gratis?

#48 BisaGratis.com, website kumpulan gratisan di internet.

BisaGratis.com, Ngapain Bayar kalau Bisa Gratis?
Photo by Benjamin Wong / Unsplash

Kalimat "Ngapain Bayar kalau Bisa Gratis?" lebih sering punya konotasi / maksud yang negatif di baliknya. Misalnya,

  • Ngapain bayar Netflix kalau bisa nonton di website A ?
  • Ngapain langganan Spotify kalau bisa download mp3 gratis?

Padahal menonton film/serial TV/anime di website non-resmi dan mendownload musik dari sumber non-resmi adalah "ilegal". Tapi, kenapa masih banyak yang melakukannya?

Dalam sebuah studi tahun 2009 lalu, ada tiga alasan utama memilih untuk mengonsumsi, membeli atau dalam hal ini menonton/mendownload bajakan:

  1. Mereka tidak memiliki cukup uang untuk membeli yang orisinal.
  2. Mereka tidak tau kalau yang dilakukannya adalah ilegal / tidak tau kalau yang dibeli adalah palsu.
  3. Mereka menganggap kalau produk aslinya / biaya berlangganan terlalu mahal.

Di tulisannya tahun 2009 lalu yang berjudul Menghargai Gratisan, Pandji Pragiwaksono menuliskan beberapa hal yang membuat pembajakan sangat sulit diatasi, apalagi di era digital seperti sekarang.

Tapi, bagian yang paling suka dari tulisan tersebut adalah kutipan wawancara yang pernah dilakukan oleh Mike Shinoda, salah satu personil Linkin Park dengan salah satu fans di blog pribadi Shinoda.

Dalam wawancara tersebut, seorang fans bertanya soal kenapa Mike Shinoda dan Linkin Park seakan membiarkan pembajakan pada karya-karya mereka.

...every dollar you spend on a band (whether it be on their music, concert tickets, or merchandise) is a statement; it says that you want the artist to continue to make music. In buying something, you are essentially helping fund their future endeavors..
...if any of you are stealing music from a band that you love, but you're buying something from a company that you don't care about, I would very politely suggest that you might have some re-prioritizing to do.

Dua statemen dari Mike Shinoda sering saya ingatkan kembali pada diri sendiri ketika akan mendownload atau menonton bajakan dari internet.

Ya, walaupun sampai hari ini saya masih sering menonton dan mendownload dari website-website ilegal, tapi sudah berusaha dikurangi. :)


Bajakan vs. ORI

Photo by Azamat E / Unsplash

Saya adalah orang yang percaya kalau mereka yang masih menikmati bajakan dan mereka yang menikmati konten orisinal adalah dua segmen pasar yang berbeda.

Mereka yang masih menikmati konten bajakan pastilah memiliki alasannya sendiri, kemungkinan salah satu dari tiga alasan diatas.

Sementara, mereka yang menikmati konten orisinal adalah mereka yang memiliki cukup uang, punya kesadaran akan produk yang dikonsumsinya atau sekedar hanya ingin mendukung orang/perusahaan yang memiliki produk/karya tersebut.

Jadi, bagi penikmat gratisan ilegal, berhentilah mencibir "Ngapain sih lo bayar, kan bisa gratis di website A? Bodoh lo ah."

Mereka yang rela membayar ini punya alasannya tersendiri.

Sementara, bagi penikmat konten ori, berhenti juga mencibir "Elo masih aja nonton bajakan, tidak menghargai karya orang lo."

Mereka mungkin punya alasannya sendiri. Tetaplah bertahan pada prinsip dan alasanmu membayar pada konten orisinal.


BisaGratis.com

Oke, sekarang ke pokok pembahasan.

Pembajakan di era digital adalah sebuah masalah yang masih belum ada solusinya. Tapi, sebenarnya ada alternatif lain.

Dibandingkan mendownload versi bajakan yang belum tentu aman, kenapa tidak memakai layanan alternatif yang memang didesain gratis?

  • Suka pakai Photoshop buat edit foto? Photopea bisa dipakai GRATIS.
  • Suka nonton anime? Muse Asia ngasi anime GRATIS yang legal di YOUTUBE lagi. Tanpa iklan pop-up yang menganggu lagi.
  • Suka dengerin musik? YouTube Music dan Spotify masih GRATIS loh.

BisaGratis.com adalah website yang berisi kumpulan produk, layanan, website, aplikasi, software sampai game yang tersedia secara gratis. Dikategorikan sesuai kegunaan dan platformnya.

Lewat website ini sih, saya berharap kalau KITA bisa sedikit berkontribusi mengurangi pembajakan digital dengan memberikan alternatif yang legal dan bahkan lebih baik.