Cara Menghidupkan Ikan Mati

#35 Cara menghidupkan ikan yang 'mati' tanpa menggunakan edo tensai no jutsu.

Cara Menghidupkan Ikan Mati

Kalau kalian main TikTok atau sosial media lainnya, mungkin pernah melihat video yang lagi viral tentang ikan yang hidup lagi setelah dimasukkan ke dalam air garam dan daun bawang.

Dibawah ini videonya.

@fuad_12

#CapCut tutorial menghidupkan ikan yg sudah mati fyp

♬ suara asli - Fuad _29 - Fuad _29

Bagi orang awam sih, ini mungkin sebuah video yang mengejutkan banget. Beberapa teman juga sempat mengirimi saya video ini karena tau saya memang memelihara ikan air tawar (ikan mas koki).

Mungkin banyak yang mengira kalau:

  • Itu videonya di reverse (putar balik)...
  • Itu videonya dipotong-potong...

Tapi... Percayalah saudara-saudara, bahwa itu videonya adalah BENAR! Cuma... Ikannya tidak benar-benar mati. Ikannya ada pada keadaan stress/pingsan/mati suri/lagi bobok.


Dalam dunia per-ikan-an, terutama ikan air tawar, ada dua tiga kondisi yang bisa membuat ikan jadi terlihat seperti ikan mati.

Photo by Antoine Peltier / Unsplash
  1. Ikan mengalami stress berat. Bukan cuma manusia yang bisa stress, ikan juga bisa. Apa penyebabnya? Kualitas air yang buruk, suhu air yang tidak sesuai atau kadar anomia yang tinggi.
  2. Ikan dibekukan. Beberapa ikan memiliki protein khusus dalam tubuhnya yang membuat detak jantungnya melambat ketika berada di suhu yang dingin/beku. Ini akan membuat ikan diam bahkan seperti mati, tapi sebenarnya masih hidup.
  3. Obat bius ikan. Para penghobi dan pengusaha ikan hias biasanya punya stok obat bius ikan. Obat bius ikan ini sering digunakan saat akan memeriksa, memfoto atau membedah (operasi) tumor ikan. Ikan yang terbius biasanya akan diam tapi insangnya masih akan bergerak.

Lalu, Kenapa Air, Garam dan Daun Bawang Bisa Bikin Ikan 'Hidup' Lagi?

For the most up to date fish photography please follow @just_koi_fish on Instagram. Credit @Just_Koi_Fish.
Photo by Just Koi / Unsplash

Balik lagi ke dunia per-ikan-an, ada yang namanya "Karantina Ikan". Ini biasanya dilakukan saat ada ikan baru datang. Jadi, sebelum dimasukkan ke dalam akuarium/kolam, biasanya harus melalui karantina.

Karantina ini pakai apa? Air Garam!

Biasanya sih, garam yang dipakai adalah garam ikan, tapi garam dapur pun tidak masalah. Perbedaan antara garam ikan dan garam dapur hanya ada pada kandungan yodiumnya saja.

Air Garam ini berguna untuk apa?

  1. Meningkatkan suhu air. Air garam punya suhu yang sedikit lebih hangat dibandingkan air tawar. Jadi, air garam ini akan membuat ikan lebih nyaman dan stressnya menurun.
  2. Membersihkan Parasit/Kutu. Walaupun tidak 100% efektif, tapi air garam bisa membersihkan parasit/kutu yang mungkin 'nyangkut' pada tubuh ikan sebelum masuk ke dalam akuarium/kolam.

Dari penjelasan diatas, sebenarnya sudah ketahuan kan, kenapa 'ikan mati' bisa hidup lagi jika dimasukkan ke dalam air garam.

  1. Air garam membuat suhu tubuh ikan meningkat dan detak jantungnya kembali semula.
  2. Air garam bisa menurunkan stress ikan sehingga dia bisa 'hidup lagi'.

Lalu, bagaimana dengan daun bawang?

Jujur aja sih, ini termasuk tidak berperikeikanan karena tidak ada manfaatnya. Apalagi jika ada yang menambahkan bawang, cabe sampai lengkuas.

Jadi... Buat kalian yang ikannya kelihatan mati, coba dulu masukkan ke dalam air garam. Siapa tau ikan kalian cuma lagi stress aja, tapi kalau masih diam saja setelah lebih dari 5 menit dalam air garam, ya berarti memang harus direlakan.