Menemukan jurnal internasional yang tepat kadang menjadi masalah bagi siswa dan mahasiswa yang sedang mengerjakan karya tulis ilmiah. Salah satu cara yang diketahui banyak orang adalah dengan menggunakan Google Scholar, namun fitur tersebut pun kadang tidak bisa memberikan hasil yang maksimal.

Padahal, di luar sana ada beberapa organisasi dan web jurnal yang berfokus untuk menyediakan ejurnal yang bisa di download secara gratis. Berikut ini adalah beberapa web penyedia jurnal internasional yang saya pribadi gunakan selama mengerjakan skripsi.

Microsoft Academic

Dibanding Google Scholar, Microsoft Academic mungkin kalah populer. Tapi, untuk urusan koleksi, Microsoft Academic boleh diadu.

Kelebihan dari Microsoft Academic adalah koleksinya dibuat terstruktur, jadi misal untuk riset seputar nutrisi, tinggal menuju kategori nutrisi dan akan disugguhkan banyak pilihan jurnal.

Disamping itu, Microsoft Academic juga memberikan link langsung dimana bisa mendapatkan versi PDF atau PUB dari jurnal tersebut. Dan jumlah link aksesnya biasanya ada beberapa, jadi jika salah satu link tidak berfungsi, bisa menggunakan link lainnya.

Library Genesis

Library Genesis memiliki database dengan lebih dari 2 juta paper, artikel ilmiah, jurnal hingga buku non-fiksi. Web ini juga berisikan komik, buku fiksi dan non-fiksi dalam berbagai bahasa. Library Genesis bisa diakses dengan beberapa alternatif link:

  • gen.lib.rus.ec
  • ´╗┐libgen.pw
  • ´╗┐libgen.io

Sci-Hub

Sci-Hub bisa disebut sebagai web jurnal terlengkap yang ada di dunia saat ini. Sci-Hub bekerja dengan dua cara. Pertama, peneliti, siswa atau siapapun bisa ‘mendonasikan’ akun institusi mereka kepada Sci-Hub. Ketika seseorang mencari jurnal, paper atau artikel ilmiah melalui Sci-Hub, maka pengguna akan mendownload hal tersebut melalui akun yang didonasikan tadi.

Setiap artikel yang telah didownload akan disimpan oleh Sci-Hub ke dalam server mereka. Secara teori, hampir 99% artikel ilmiah, jurnal, paper dan hasil penelitian dari seluruh dunia bisa didapatkan Sci-Hub. Di lain sisi, web ini berada di area abu-abu mengenai legalitasnya.

Karena itulah, Sci-Hub memiliki beberapa alternatif link untuk mengaksesnya:

  • sci-hub.nu
  • ´╗┐sci-hub.tw
  • ´╗┐sci-hub.hk
  • ´╗┐sci-hub.gq
  • ´╗┐sci-hub.ga
  • ´╗┐sci-hub.is
  • ´╗┐sci-hub.la
  • ´╗┐tree.sci-hub.la
  • ´╗┐scihub22266oqcxt.onion.link
  • ´╗┐sci-hub.tv
  • ´╗┐sci-hub.mn
  • ´╗┐sci-hub.name
  • ´╗┐sci-hub.biz
  • ´╗┐80.82.77.83

Unpaywall

Unpaywall merupakan sebuah extension untuk browser baik Google Chrome maupun Mozilla Firefox yang fungsinya ‘menghapus’ tombol bayar pada jurnal dan menjadikan gratis. Namun, proses ini dilakukan secara legal dengan cara mencari alternatif lain untuk jurnal yang sama dari berbagai server di seluruh dunia.

Unpaywall menyediakan sekitar 17 juta jurnal dan artikel ilmiah lain pada awal 2018 dan mengklaim bahwa sekitar 50-85% dari seluruh artikel ilmiah dari seluruh dunia tersedia pada arsip mereka.

Open Access Button

Open Access Button memiliki cara kerja yang mirip dengan Unpaywall, namun memiliki beberapa ‘keunggulan’. Selain dalam bentuk extension untuk browser, website Open Access Button juga bisa digunakan untuk mencari jurnal ilmiah seperti jurnal kesehatan berdasarkan URL, judul jurnal, nama penulis hingga berdasarkan informasi daftar pustaka.

Kelebihan yang dimiliki Open Access Button adalah ketika tidak berhasil menemukan versi gratis dari jurnal yang diinginkan, maka pencari bisa mengirimkan permintaan pada penulis jurnal untuk menyediakan karya tulisnya untuk diakses publik. Semakin banyak orang yang melakukan request pada Open Access Button untuk sebuah jurnal yang sama, maka semakin banyak permintaan yang akan diterima sang penulis.

Perpustakaan Nasional (Perpusnas)

Jika memerlukan jurnal lokal, Perpusnas adalah salah satu sumber tebaik untuk menemukannya. Tapi, e-Resources dari Perpusnas Online juga menyediakan jurnal internasional. Selain jurnal, Perpusnas online juga memiliki koleksi buku bagi yang memerlukan.

Tenang, jurnal-jurnal ini sudah disewa/dibayar oleh pemerintah, jadi kita bisa mengaksesnya secara gratis. Namun, syaratnya adalah harus mendaftar keanggotaan Perpusnas. Daftarnya susah tidak? Gampang kok, cukup siapkan KTP/NISN saja.

Directory Open Access Journal (DOAJ)

Prinsip kerja website ini adalah membeli/menyewa jurnal dan melakukan indexing pada jurnal-jurnal yang memang dibuat terbuka. Hasilnya, DOAJ punya lebih dari 15 ribu jurnal dari 133 negara dan lebih dari 5 juta artikel ilmiah. Koleksi ini terus bertambah dengan tambahan donasi dari para sponsor yang membuat DOAJ bisa menyewa/membayar lebih banyak jurnal.

Dan juga banyak penulis jurnal yang memberikan akses pada jurnal mereka pada DOAJ secara suka rela.

FreeFullPDF

FFP lebih tepat disebut sebagai tool tambahan untuk Google Scholar. Situs ini memanfaatkan Google Scholar dan jika jurnal dicari, maka akan langsung memberikan versi PDF-nya. No question asked!

Author

Blogger and Freelance Writer // Mostly writer about video games & my random thoughts.

Write A Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.