Fokus

#61 Melakukan prioritas ulang pada project yang saya miliki dan berfokus pada beberapa yang terpenting.

Fokus
Photo by David Travis / Unsplash

Disclaimer: Ini adalah tulisan curhat, jadi kalau ada yang terjebak pada postingan ini, silakan klik 'close' saja di pojok kanan atas.

Oke... Cerita ini dimulai di awal bulan Juli 2021. Saya lagi semangat-semangatnya melakukan banyak hal, memulai banyak project dan melanjutkan beberapa yang terbengkalai.

Tapi... Semuanya hanya bertahan selama 30 hari.

Per Juli 2021 juga, saya mulai kembali kerja kantoran yang menyita waktu 9 pagi sampai 5 sore. Jadi, saya jadi punya lebih sedikit waktu dan tenaga untuk mengerjakan side-project yang sudah direncanakan sebelumnya.

Saat saya menuliskan artikel ini, tepat pada 31 Juli 2021. Saya menghitung berapa pengeluaran yang saya habiskan untuk semua project yang saya lakukan selama 30 hari terakhir... Dan boy oh boy... Jumlahnya diatas $200!


Kemana aja duit $200 itu?

  • Beli domain yang enggak bakal pernah saya gunakan.
  • Berlangganan tools yang ternyata jarang banget saya pakai (Canva, dll)
  • Beli beberapa course yang tidak saya pelajari sampai selesai.
  • Bayar beberapa iklan dan jasa yang saya gunakan.

Dan berapa uang yang saya dapatkan dari segala macam project tersebut? Hanya sekitar $25 saja, dan itu hanya dari satu project. Sisanya adalah project yang merugikan / tidak menghasilkan profit.


Jadi, saya berencana 'merampingkan' side-project yang saya miliki, menjadi hanya empat, dimana satu berjalan secara otomatis, satu memerlukan usaha yang minimum dan hanya dua yang perlu usaha dan waktu.

Blog idearik.com

Fokus utama saya tetap blog ini, saya masih punya tantangan menulis 100 hari yang harus diselesaikan.

Blog ini juga sudah mulai menunjukan perbaikan dari segi trafik walaupun masih sangat jauh dari trafik ideal yang saya inginkan.

BilangCinta.com

Bilang Cinta adalah side-project yang berjalan secara otomatis hampir seluruhnya. Saya hanya perlu sesekali menangani error yang muncul ketika trafiknya memuncak kadang-kadang.

Bisa dibilang, ini adalah project yang paling mandiri dan paling menyenangkan untuk dipromosikan.

BisaGratis.com

Bisa Gratis adalah mimpi lama saya untuk membuat katalog dari produk-produk gratis yang ada di internet. Untuk saat ini, sebagian besar isi katalog masih saya kumpulkan sendiri.

Tapi, seiring berjalannya waktu, saya sih berharap kalau akan lebih banyak orang yang melakukan submission dan saya hanya perlu melakukan moderasi saja.

MainTerus.com

Ini adalah project lama yang masih sangat saya sayangi dan tidak yakin untuk dilepas. Saya menghabiskan terlalu banyak usaha, waktu dan dana untuk membuatnya jadi kenyataan.

Project ini selalu berubah-ubah, dari awalnya website, kemudian podcast, kemudian website, kemudian podcast lagi.

Untuk saat ini, websitenya akan fokus sebagai podcast saja dulu. Sampai saya berubah pikiran lagi.


Segitu aja sih. Intinya saya berharap bisa tetap ramping dalam punya side-project dan tidak tergoda untuk memulai yang baru lagi.