dBe GM190 7.1 Virtual Surround Gaming Headphone Review
4 min read

dBe GM190 7.1 Virtual Surround Gaming Headphone Review

200 ribu udah dapet headset gaming 7.1 surround sound???
dBe GM190 7.1 Virtual Surround Gaming Headphone Review

Menggunakan headset gaming bagi gamers saat bermain game memiliki sensasi tersendiri untuk menunjang kualitas audio dan rasa imersif saat bermain.

Berbagai brand saat ini berlomba-lomba menghadirkan headset edisi kere-hore di bawah harga 200 ribu seperti dBe GM190 7.1 Virtual Surround Gaming Headphone. Namun, bagaimana dengan kualitasnya?

Headphone ini hadir dengan memanfaatkan desain baru yang terlihat lebih modern, simpel, dan minimalis. Dilengkapi dengan driver 50mm yang menjamin kejernihan suara pada treble dengan control bass yang presisi.

Spesifikasi

dBe GM190 memiliki berbagai spesifikasi headphone yang cukup lumrah untuk keperluan gaming.

Driver

50 mm

Freq Response

20 Hz - 20 kHz

Impedance

32 Ohm +- 5%

Sensitivity

112 dB +- 3 dB

Microphone Sensitivity

-42 dB +- 3 dB

Microphone Size

20mm

Connector

USB

Harga

Headphone dBe GM190 masuk ke dalam kelas kere-hore karena berdasarkan berbagai situs lokapasar resminya, anda hanya perlu merogoh kocek sebesar Rp195.000. Cukup terjangkau untuk ukuran headphone gaming dengan berbagai fitur pendukung untuk menunjang kenyamanan penggunaan.

Fitur

  • Sangat nyaman digunakan karena over the ear dan bobot yang cukup ringan
  • Sistem headband-nya yang ringan membuatnya dapat terdistribusi dengan sempurna
  • Dalam menunjang keperluan gaming, karakter suara dapat disesuaikan

Review Lengkap

Ulasan mengenai produk ini saya jabarkan dari pengemasan, tampilan produk, serta kualitas audio yang dihasilkan. Ulasan ini merupakan hasil dari penggunaan pribadi yang bisa saja bersifat subjektif.

Jadi, apa yang saya rasakan, belum tentu sama dengan reviewer lain ya.

Kemasan

Pengemasan dBe GM190 7.1 Virtual Surround Gaming Headphone cukup apik dengan kelengkapan:

  • Barang utama, yakni headset
  • Microphone yang tersambung dengan perangkat headset
  • Kabel USB conector (support Virtual Surround Gaming)
  • Kartu garansi selama satu tahun
  • Box kemasan

dBe GM190 7.1 Virtual Surround Gaming Headphone dengan connector USB yang telah mendukung Virtual Surround Gaming. Meski menggunakan case berbahan plastik, headphone ini tampil dengan warna yang elegan dengan LED Lamp.

Kesan saya dalam penggunaan dBe GM190 ini secara umum simple namun elegan. Rasanya lebih pede saja saat bermain game, bukan hanya karena tampilannya yang keren tapi karena fitur 7.1 Virtual Surround yang memang membantu saat bermain game.

Akan ย tetapi, karena hanya memiliki konektor USB, produk ini hanya dapat bekerja maksimal pada penggunaan PC. Kalaupun ingin menggunakannya pada handphone atau konsol, kalian memerlukan kabel OTG atau sejenisnya.

Produk

Secara umum, fisik headphone dBe GM190 tak jauh berbeda dengan headphone gaming pada umumnya. Namun, saya menyadari terdapat sentuhan khusus dari dBe pada penggunanya lewat fisik dari produknya kali ini.

Bantalan Telinga Mewah dan Lembut

Klaim bantalan telinga yang mewah dan lembut oleh dBE ada benarnya. Namun daya tidak merekomendasikan untuk penggunaan dengan jangka waktu yang lama, karena dapat membuat area telinga terasa gerah.

Bantalannya emang nyaman sih, tapi tidak senyaman waktu bersamanya itu.

Tetapi, hal ini tidak sepenuhnya merupakan kekurangan dari produk ini, loh. Karena bisa menjadi alarm buat kita agar tidak terlalu asyik bahkan sampai terhanyut dalam euphoria saat bermain game. Tetap ingat kewajiban lain seperti bekerja, sekolah, atau lainnya, ya!

Headband Ringan yang Fleksibel

Sering merasa tidak nyaman saat menggunakan headphone karena kepala terasa tertekan? dBe GM190 hadir dengan headband yang fleksibel mengikuti bentuk kepala dan tentu saja, ringan!

Ucapkan selamat tinggal pada drama kepala nyut-nyutan setelah puas bermain game!

Kualitas Suara

Pengalaman dalam menikmati kualitas audio dBe GM190 bersifat subjektif. Hal ini bergantung pada selera dan preferensi masing-masing dalam menggunakan headphone gaming.

Low/Bass

Kualitas audio dari dBe GM190 saya rasa cukup oke. Suara bass-nya cukup nendang walaupun tidak terlalu besar, namun masih oke saat didengarkan. Selain untuk main game, masih cukup enak untuk mendengarkan musik-musik dubstep/EDM 'kelas ringan'.

Mid/Vocal

Detail vocal yang dihasilkan clear, tidak ada noise yang mengganggu. Hal ini memberikan saya experience pendengaran yang baik pada saat bermain game maupun mendengar berbagai vokal dalam sebuah lagu. Tentunya, dapat memaksimalkan pendengaran saat bermain game baik secara personal maupun bersama tim.

High/Treble

Dari segi treble terasa normal karena tidak begitu kering ketika didengar. Tidak terlalu nusuk atau menyebabkan telinga terasa tidak nyaman. Tapi jika tidak masalah dengan nuansa treble yang seperti ini, nampaknya akan menikmati.

Untuk performa gaming, produk ini dapat menjadi daftar unggulan karena telah didukung dengan bulit-in soundcard di bagian konektor USB. Meski menggunakan konektor USB, dBe GM190 sudah mendukung 7.1 Virtual Surround Gaming.

Fitur ini memberikan efek suara yang jernih dan jelas pada arah suara yang dihasilkan. Contohnya, ketika saya gunakan untuk bermain game, suara derap langkah kaki musuh, suara ledakan, dan arah suara tembakan terdengar dengan jelas arahnya dan menambah keseruan ย serta rasa imersif saat bermain.

Microphone

Memiliki spesifikasi microphone -42 dB +- 3 dB, dBe GM190 menghasilkan suara yang bebas noise. Namun, terdapat white noise pada audio yang dihasilkan sehingga menghasilkan suara yang kurang natural.

Satu hal yang kurang saya suka adalah posisi microphone-nya yang tidak bisa ditekuk atau dilepas. Jadi, posisi microphone ini kadang agak menganggu saat headset ditelakkan, apalagi jika tidak punya headset stand.

Performa

Menurut pengalaman saya pribadi, secara keseluruhan headphone ini sangat mumpuni untuk menunjang aktivitas gaming maupun sekadar mendengarkan musik. Hal ini tentu saja karena spesifikasi serta fitur yang sesuai dengan kebutuhan gaming saat ini.

Kesimpulan

Mengingat dBe GM190 masuk dalam kelas budget headphone, Saya rasa produk ini worth to buy. Experience yang akan anda rasakan juga cukup mumpuni untuk bermain game maupun sekadar mendengarkan musik.

dBe GM190 bisa menjadi pilihan bagi kalian yang sedang mencari headphone gaming yang murah tapi ga murahan. Karena dari segi body maupun fitur pendukungnya, headphone ini menawarkan sensasi prima bagi pemakainya. Tinggal menyesuaikan saja dengan preferensi kalian, ya!