Berkenalan dengan Ikan Mas Koki Bali (Kobal)

#6 Mengenal lebih dekat, ikan mas Koki Bali alias Be Barong yang cantik dan jago menari.

Berkenalan dengan Ikan Mas Koki Bali (Kobal)

Bali dikenal karena banyak hal, mulai dari adat dan budayanya sampai dengan objek wisata cantiknya.

Tapi, mungkin belum banyak yang tau kalau pulau kecil ini memiliki ikan hias khas yang dikenal dengan Ikan Mas Koki Bali (Kobal).

Ikan Mas Koki Bali bisa dimasukkan dalam golongan fancy goldfish, tapi dengan ukuran badan yang lebih kecil.


Legenda Ikan Mas Koki Bali

Menurut beberapa cerita, ikan ini berasal dari Tiongkok. Ikan ini datang ke Bali melalui jalur perdagangan.

Awalnya, ikan ini hanya dimiliki oleh keluarga kerajaan / para bangsawan pulau dewata, kemungkinan besar digunakan sebagai alat barter antara bangsawan dengan para saudagar dagang.

Hingga pada tahun 1960an, ikan ini hanya bisa ditemukan di Puri-Puri di Bali (kediaman keturunan bangsawan). Jadi, gelar sebagai 'ikan bangsawan Bali' masih melekat sampai saat ini.

Ciri khas ikan mas koki Bali adalah:

  • Tidak memiliki sungut
  • Mata bulat yang menonjol keluar
  • Badan pendek, bulat seperti telur
  • Dan sirip ekor yang sangat panjang, bahkan mencapai dua kali lipat panjang tubuhnya.

Ikan ini sangat mirip dengan perpaduan antara Black Moor dan  Butterfly Telescope Goldfish, tapi punya ukuran badan dan mata yang lebih kecil serta sirip ekor yang lebih panjang.


Pandemi dan Pet Fish Boom di Bali

Mulai boomingnya Ikan Mas Koki Bali terjadi pada tahun 2019 lalu. Ditandai dengan mulai banyaknya orang yang berhasil mengembangbiakkan ikan ini.

Tapi, meroketnya permintaan akan ikan ini mulai terjadi saat pandemi melanda.

Saat orang-orang mulai lebih banyak menghabiskan waktu di rumah, maka memelihara ikan menjadi salah satu pilihan untuk mengisi waktu.

Kenapa beberapa orang memilih memelihara ikan ini dibandingkan fancy goldfish atau koi misalnya?

  1. Bentuk tubuh dan warna yang cantik. Di Bali, ikan ini mendapat beberapa julukan seperti Be Barong (Ikan Barong) dan Be Gembrong (Ikan Gondrong). Bentuk tubuhnya cantik dan saat berenang terlihat seperti sedang menari.
  2. Bukan ikan manja. Sebagian besar ikan mas koki Bali sangat tahan terhadap perubahan cuaca, lebih tahan terhadap suhu dingin maupun sedikit hangat. Dan masih bisa hidup di air menggenang (tanpa filter, tanpa aerator) dalam waktu cukup lama.
  3. Membantu melestarikan. Walaupun bukan termasuk ikan langka yang dilindungi, tapi jumlah ikan mas koki Bali di alam liar hampir tidak ada. Jadi, ikan ini sangat tergantung pada manusia untuk bisa terus lestari.

Tempat Beli Ikan Mas Koki Bali

Ada beberapa peternak yang menjual ikan mas koki Bali dengan kualitas indukan yang sangat cantik. Dibawah ini adalah beberapa rekomendasi saya: