4 min read

Memilih Jasa Digital Marketing Bali Terbaik

Memilih jasa digital marketing bali terbaik untuk kebutuhan bisnismu.
Memilih Jasa Digital Marketing Bali Terbaik
Photo by Kharl Anthony Paica / Unsplash

Menemukan jasa digital marketing di Bali sebenarnya bukan hal sulit.  Cukup ketikan kata kunci "jasa digital marketing Bali" di Google saja, akan ada belasan bahkan puluhan nama agensi yang muncul.

Hal yang agak sulit adalah menemukan dan memilih mana yang terbaik dan cocok dengan kebutuhanmu.

Jika sedang mencari jasa digital marketing untuk bisnis / usaha yang berlokasi di Bali, kamu datang ke tempat yang tepat.

Tulisan ini tidak akan secara spesifik menyebutkan agensi mana yang harus kamu pilih, karena kebutuhan setiap orang berbeda-beda.

Mengapa Harus Memakai Digital Marketing?

Tahun 2021 menjadi salah satu tahun terbaik bagi bisnis iklan digital atau digital marketing secara umum.

Jumlah iklan digital yang dibelanjakan oleh perusahaan di seluruh dunia meningkat hampir 20% dibanding tahun 2020 (menurut laporan eMarketer).

Industri yang paling banyak melakukan digital marketing diantaranya:

  • Internet Provider (ISP)
  • Asuransi
  • Otomotif
  • Retail
  • Pariwisata
  • Pendidikan Tinggi

Statistik ini menunjukan kalau industri-industri besar sudah mulai melakukan shifting. Dibandingkan hanya iklan konvensional seperti billboard di jalan-jalan atau iklan di TV, mereka juga melakukan iklan secara digital.

Industri besar saja sudah mulai memakai digital marketing, masak kamu mau ketinggalan?


Kelebihan Digital Marketing

Photo by Campaign Creators / Unsplash

Jangkauan yang Lebih Luas & Spesifik (Tertarget)

Kelebihan pertama adalah jangkauan yang lebih luas dan spesifik. Kalau iklan di media konvensional, kamu tidak bisa menargetkan orang-orang tertentu saja untuk melihat iklanmu dan jangkauanmu terbatas tergantung media.

Misalnya, iklan berupa billboard hanya bisa dilihat oleh mereka yang melewati daerah tersebut.

Iklan TV pun hanya bisa dilihat oleh orang di Indonesia yang kebetulan sedang menonton channel tertentu di jam tertentu.

Digital Marketing atau lebih tepatnya iklan digital menghilangkan batasan itu. Iklan bisa ditargetkan secara sangat spesifik dan bisa menjangkau target pasar seluas-luasnya.

Ingin iklan dilihat hanya oleh wanita usia 24-35 tahun yang sedang berada di Bali? Bisa! Atau oleh pria usia 35-55 tahun di seluruh Indonesia hingga Malaysia? Bisa!

Biaya Lebih Murah & Bisa Disesuaikan

Masalah biaya sebenarnya sangat relatif. Tapi, jika dibandingkan dengan hasil jangkauan yang bisa didapatkan, biaya digital marketing jauh lebih murah dibandingkan marketing konvensional.

Misalnya untuk menjangkau 1 juta orang, iklan konvensional akan memerlukan hingga puluhan bahkan ratusan juta Rupiah.

Sementara digital marketing hanya akan memerlukan budget belasan hingga puluhan juta untuk menjangkau jumlah orang yang sama.

Biaya ini pun dengan mudah bisa disesuaikan. Tiba-tiba ingin menambah budget marketing di tengah bulan? Bisa!

Setelah melihat laporan mingguan, ingin meningkatkan budget di target market atau wilayah tertentu? Bisa!


Cara Memilih Jasa Digital Marketing Bali Terbaik Untukmu

Digital Marketing
Photo by Diggity Marketing / Unsplash

Lihat Portfolio & Track Record

Hal pertama yang harus dilihat adalah portfolio dari agensi digital marketingnya. Kenapa ini penting? Untuk melihat sebaik apa hasil pekerjaan mereka.

Beberapa agensi biasanya sudah mencantumkan portfolio di halaman utama websitenya. Sementara beberapa lagi hanya akan memberikan portfolio pada klien yang menghubungi terlebih dahulu.

Agensi yang baik adalah yang memiliki portfolio yang beragam. Misalnya pernah handle klien F&B (restaurant, cafe), Service (jasa kebersihan, jasa kesehatan) dan Tourism (hotel, villa & sewa kendaraan), tapi juga pernah mengurus klien di industri Financial (koperasi, p2p lending) dan Technology (software developer, IoT).

Dengan memiliki portfolio yang beragam, berarti tim dibaliknya sudah handal dalam beradaptasi sesuai dengan kebutuhan klien.

Kedua, adalah track record. Ini bisa dilihat dari mana? Klien dan testimoni.

  • Apakah klien memberikan testimoni yang bagus dan real?
  • Apakah kliennya memiliki retensi yang tinggi / memakai jasa agensi tersebut jangka panjang?

Ini memang agak sulit untuk dideteksi, tapi ketika sebuah jasa digital marketing terlihat 'too good to be true' biasanya memang ada saja hal 'kurang baik' yang dimiliki.

Solusinya? Coba dulu bekerjasama dalam durasi pendek, misalnya sebulan atau 3 bulan untuk melihat performa mereka.

Ketahui Siapa Dibaliknya

Photo by Austin Distel / Unsplash

Sebuah jasa digital marketing di Bali bisa saja memiliki portfolio yang 'terlihat' mengagumkan dan track record yang kayaknya 'bersih' banget.

Hal kedua yang perlu diketahui sebenarnya adalah SIAPA dibaliknya. Mengetahui disini bukan berarti harus mengenal secara personal. Tapi, cukup ajak diskusi untuk mengetahui seberapa 'jago' orang-orang dibaliknya.

Jangan bekerjasama dengan agensi jasa SEO Bali yang misalnya tidak bisa menjelaskan istilah search intent secara sederhana.

Bekerjasama dengan agensi yang menawarkan cara-cara 'kotor' seperti spam, black hat marketing dan sebagainya juga sangat-sangat tidak dianjurkan. Kenapa?

  • Hasil yang didapat MUNGKIN memang besar, tapi juga akan cepat turunnya.
  • Merusak citra brand jangka panjang.
  • Dosa! Karena biasanya merugikan orang lain.

Lalu, bagaimana mengetahui seberapa 'jago' orang-orang dibalik sebuah agensi?

  1. Ajak diskusi. Sederhana banget memang. Seorang 'pakar' biasanya akan sangat jarang mengakui kalau dirinya adalah pakar. Tapi, ketika diajak berdiskusi, dia bisa menjelaskan sesuai yang sangat kompleks menjadi sangat sederhana.
  2. Berikan use-case / masalah. Kamu bisa memberikan satu contoh masalah dalam sebuah diskusi dan perhatikan bagaimana agensi digital marketing menjawabnya. Jawaban yang baik biasanya tidak 'template' tapi juga tidak terasa seperti memberikan harapan palsu.
  3. Kepoin sosial media mereka. "Mereka" disini maksudnya adalah digital agensinya ya. Beberapa digital agensi hanya akan menunjukan hasil-hasil foto mereka, tapi beberapa akan memberikan edukasi di sosial medianya. Perhatikan bagaimana mereka menyampaikan hal-hal tersebut.

Sesuaikan dengan Budgetmu

Photo by Jp Valery / Unsplash

Terakhir, sesuaikan dengan budget dan kebutuhanmu. Kamu bisa saja menemukan jasa digital marketing Bali yang portfolio dan track recordnya oke banget, setelah diskusi pun, kamu yakin kalau orang-orang dibaliknya jago banget.

Tapi, ternyata budgetmu tidak sesuai dengan harga yang mereka tawarkan. Solusinya? Coba nego dulu.

Kalau masih belum bisa, dengan terpaksa mungkin bisa cari yang second-best atau terbaik kedua menurutmu.

Beberapa hal penting yang perlu diingat:

  1. Paling mahal bukan berarti paling bagus, paling murah bukan berarti paling jelek.
  2. Selalu nego harga sebelum deal.
  3. Minta diskon / potongan harga jika bekerjasama jangka panjang.

Dengan berbekal sedikit 'ilmu' dari tulisan ini, semoga kamu bisa menemukan jasa digital marketing yang sesuai dengan kebutuhanmu ya.