Saat masih sekolah dulu, hampir setiap teman yang pernah masuk ke kamar saya, pasti akan sangat setuju dengan kalimat ini:

“Kamarnya Ari BERANTAKAN kayak kapal pecah!”

Harus diakui sih kalau kamar saya dulu memang berantakan, namun hari ini… masih juga berantakan sih.

Sebagai gambaran, saya memiliki ‘tempat’ khusus untuk menaruh kunci motor, pulpen, flashdisk dan benda-benda kecil lainnya.

Sayangnya, terkadang saya juga menaruh buku dan jaket di ‘tempat’ ini. Jadi, tidak jarang saya harus membongkar-bongkar barang untuk menemukan kunci motor atau flashdisk.

Namun, berita baik datang dari sebuah penelitian yang dilakukan oleh Kathleen D. Vohs dan rekan-rekannya dari University of Minnesota, Amerika Serikat.

Kesimpulan dari penelitian itu, kalau diterjemahkan, kira-kira begini:

“Ruangan yang tidak teratur cenderung menginspirasi pemiliknya untuk bebas dari aturan. Dari keberantakan itulah dia bisa menemukan ide segar,”

“Nasihat saya, jika kamu butuh berpikir out of the box, maka biar biarkanlah kekacauan muncul dan lepaskan imajinasi,”

Jadi gini teman-teman, orang yang meja kerja atau dalam hal ini kamarnya berantakan BIASANYA punya kecenderungan lebih kreatif dan pengambil risiko.

Mereka yang kamarnya berantakan harus bisa meletakkan dan memutuskan tempat untuk menaruh barang agar mudah ditemukan lagi, seperti kasus kunci dan flashdisk saya contohnya.

Karena tidak ada tempat khusus untuk meletakkan barang-barang ini, maka kita secara otomatis jadi menaruhnya secara acak setiap waktu, sehingga otak akan selalu ‘terlatih’ untuk memilih tempat yang dirasa paling cocok untuk kondisi dan situasi yang berbeda-beda.

Sementara, mereka yang kamarnya rapi adalah tipe yang suka hidup sehat, mengambil keputusan berdasarkan perhitungan dan tipe orang produktif.

Sayangnya, punya kamar atau meja kerja yang berantakan harus ditebus dengan pikiran negatif dari orang-orang yang sekitar yang berpikir bahwa orang yang kamar atau merja kerjanya berantakan, pastilah orang malas atau tidak higienis.

Terakhir, Ini, pendapat dari ahli Fisika modern, Albert Einstein.

“If a cluttered desk is a sign of a cluttered mind, of what, then, is an empty desk a sign?”

“Kalau meja yang berantakan adalah tanda dari pikiran yang berantakan, jadi, apa arti dari meja yang kosong?”

meja-kerja-einstein
Meja kerja Einstein aja berantakan

SUMBER : Why Creative Geniuses Often Keep a Messy Desk

Author

Blogger and Freelance Writer // Mostly writer about video games & my random thoughts.

2 Comments

  1. iya juga sih kalau di pikir”, apa lagi kalau lagi ngerjain sesuatu kek lagi ngoding atau benerin komputer pasti enak berantakan hehe

    btw makasih kang artikelnya kalau berkenan main balik kang ke blog Ari

  2. Pingback: Tulisan Tangan Jelek | Ari Kurniawan [dot] Net

Write A Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.