BTS Punya ARMY, Brave Girls Didukung Militer Korea Selatan

#5 Cerita singkat dibalik kepopuleran Brave Girls.

BTS Punya ARMY, Brave Girls Didukung Militer Korea Selatan

TL;DR

  • Tahun 2011, girlband baru Korea Selatan bernama Brave Girls melakukan debut perdana.
  • Selama hampir 10 tahun berkarya, mereka tidak mendapatkan traksi yang diinginkan dan mungkin saja segera menuju pembubaran.
  • The Mighty YouTube dan Militer Korea Selatan memutuskan untuk turun tangan.
  • Channel YouTube Viditor mengunggah video baru pada 21 Februari 2021. Video kompilasi penampilan Brave Girls membawakan lagu Rollin' dengan tambahan komentar dari para tentara dan mantan wajib militer yang menonton penampilan mereka selama mengabdi.
  • Rollin' yang dirilis pada 2017 menduduki puncak tangga musik di Korea Selatan, 4 tahun setelah dirilis.
  • Brave Girls bahkan bersanding bersama BTS sebagai boyband/girlband terpopuler di awal 2021. Mereka mengalahkan nama seperti Blackpink, TWICE dan lainnya.

Tahun 2021 ternyata masih menyimpan banyak kejutan.

Salah satunya adalah kembalinya lagu Rollin' ke tangga musik Korea Selatan. Sebuah lagu yang sudah dirilis 4 tahun lalu, dari girlband yang memulai debut 10 tahun lalu.

Bukan hanya kembali masuk ke tangga musik, tapi lagu ini bahkan sempat memuncaki tangga musik Korea Selatan.

Brave Brothers, Big Bang, Brave Girls & AOA

Kang Dong-chul aka Brave Brothers dulunya bekerja untuk YG Entertainment. Dia bahkan menjadi produser musik untuk beberapa lagu dari rising star pada masa itu Big Bang.

Dia kemudian memutuskan untuk keluar dari YG, mendirikan Brave Entertainment dan menjadi produser musik untuk banyak lagu hits diawal kepopuleran K-Pop.

Brave Entertainment kemudian membentuk girlband-nya sendiri dengan nama Brave Girls, diambil dari nama perusahaan dan pemiliknya. Menandakan kalau Brave Girls akan membawakan lagu-lagu yang dibuat oleh Brave Brothers.

Sayangnya, di saat Brave Girls akan membuat album, AOA memperoleh kepopulerannya. Di waktu tersebut, Brave Brothers juga masih membuat lagu untuk klien (girlband/boyband dari perusahaan lain).

Brave Brothers dihadapkan pada pilihan antara membuatkan album untuk girlband perusahaannya sendiri atau untuk girlband yang sedang naik daun.

Kang Dong-chul memutuskan untuk memilih AOA, dan pilihannya bisa disebut 'tepat'.


Ganti Anggota dan Militer Korea Selatan

Selama 10 tahun berkarya, Brave Girls tidak pernah benar-benar 'bersinar'. Mereka bahkan sempat melakukan beberapa pergantian anggota, tapi tetap tidak berhasil mendapatkan traksi.

Selama bertahun-tahun pula, Brave Girls memenuhi undangan untuk tampil di depan militer. Sebuah pekerjaan yang sebenarnya sangat biasa bagi idol group di Korea Selatan. Tapi, tidak dilakukan oleh semua idol group. Kenapa?

  1. Bayarannya kecil.
  2. Harus siap tampil di lokasi yang jauh (perjalanan jauh).

Beruntungnya, apa yang dilakukan Brave Girls selama 10 tahun terakhir ternyata berujung manis.


Satu Buah Video YouTube

Channel YouTube Viditor merilis video baru pada Februari 2021.

Isinya adalah kompilasi penampilan Brave Girls membawakan Rollin' dengan tambahan reaksi dan komentar dari para personil militer Korea Selatan.

Video inilah yang disebut menjadi awal traksi meroketnya Brave Girls. Rollin' memuncaki Melon Chart di Korea Selatan selama 3 bulan berturut-turut (Maret - Mei 2021).

Satu-satunya idol group yang pernah mencapai tahta serupa adalah BTS saat Dynamite dirilis. But come on, it's BTS.

Cerita tentang satu video yang berhasil menyelamatkan sebuah idol group sebenarnya bukan hal baru. Salah satu yang paling ikonik adalah cerita dari girlband EXID.

Tahun 2014 lalu, channel YouTube pharkil merilis video fancam Hani dari EXID saat membawakan lagu Up & Down. Video ini kemudian viral, 'menyelamatkan' EXID hingga memulai tren official fancam dari perusahaan hiburan Korea Selatan.


Next-Step Untuk Brave Girls?

Beberapa website memberitakan bahwa Brave Girls dan Brave Entertainment akan memanfaatkan kepopuleran yang saat ini diraih. Kabarnya girlband ini akan melakukan comeback pada Summer 2021.

Untuk sebuah group yang tidak berasal dari The Big 3, momen seperti ini adalah kesempatan sekali seumur hidup untuk Brave Girls.

Jika berhasil memanfaatkan dengan baik, perjalanan Brave Girls mungkin akan jadi salah satu cerita legendaris di industri K-Pop.

In my opinion, Brave Girls pantas mendapatkan yang lebih dibandingkan saat ini. Koreografi untuk lagu Rollin' bukanlah sesuatu yang mudah...

  • Berdiri diatas stool
  • Posisi jongkok 90 derajat
  • Pakai high heel!!!
  • Melakukan koreografi Rollin'

Mereka pantas dapat lebih.