Disclaimer: Artikel ini tidak disponsori oleh Porkbun. Bener deh.

Jika ingin membeli domain baru, saya biasanya langsung menuju GoDaddy, atau kadang di beberapa domain registar lokal, tergantung mana yang sedang mengadakan promo.

Tapi, beberapa hari lalu, saya bertemu dengan porkbun (porkbun.com).

Apa sih porkbun?

Porkbun ini adalah domain registar, sama seperti GoDaddy maupun registar lainnya. Perusahaan mereka berbasis di Amerika Serikat, terdiri dari 15 orang termasuk maskot seekor babi bernama Porkbun dan sebuah tanaman bernama Steve.

Apa sih Keunggulan porkbun?

Free Whois Protection

Whois adalah suatu sistem untuk mengetahui data dari pemilik domain seperti nama dan email. Tapi, sistem ini kadang disalahgunakan untuk mendapatkan email dari pemilik domain dan mengirimkan spam/phising.

Whois Protection menyembunyikan data-data pribadi ini sehingga tidak disalahgunakan.

Domain registar biasanya mematok harga sekitar $10/tahun untuk ‘fitur’ Whois Protection ini. Tapi, porkbun memberikannya secara gratis. 👍

Ekstensi Domain SUPER BANYAK

Top-Level Domain (TLD) saat ini bukan hanya .com, .net dan .org saja. Ada banyak sekali TLD yang tersedia. Porkbun merupakan salah satu domain registar yang punya ekstensi domain super banyak, mulai dari yang normal hingga yang agak ‘langka’ seperti .luxe

Harga ‘Murah’

Harga di porkbun sebenarnya tidak jauh berbeda dengan domain registar lainnya, tapi harga yang mereka cantumkan sudah termasuk dengan ICANN registar fee yang biasanya dimunculkan registar lain baru saat akan membayar.

Walau walau ICANN fee ini biasanya dibawah $2, tapi kan lumayan juga bedanya.

Saat saya menuliskan artikel ini, porkbun dengan memberikan promo berupa harga dibawah $5 untuk tahun pertama. Dimana masing-masing akun bisa mendapatkan 3 domain dengan harga ini.

Bagaimana Cara Beli Domain di porkbun?

Buka websitenya porkbun di porkbun.com dan isikan domain yang ingin dibeli.

Pilih Ekstensi yang diinginkan. Tapi, kalau ternyata tidak tersedia, ada puluhan pilihan ekstensi lainnya kok.

Jika sudah dipilih, klik tanda “+” dan akan muncul cart untuk checkout. Dan jika tidak ada domain lain yang ingin dibeli, bisa langsung klik icon keranjang tersebut.

Setiap pembelian domain di porkbun juga mendapatkan trial webhosting, email hosting dan site builder dari Weebly selama 15 hari.

Terakhir nih, pembayaran porkbun bisa menggunakan kartu kredit/debit/Google Pay, PayPal dan juga cryptocurrencies. Tinggal dipilih sesuai selera.


Pengalaman saya beli domain di porkbun itu gampang banget, proses dan UI-nya dibuat sangat-sangat sederhana. Dibanding GoDaddy yang tampak ‘technical‘ banget, porkbun memberikan pengalaman lebih simple.

Yang bener-bener bikin saya kepincut sih tiga poin yang sudah saya tulis diatas yaitu Free Whois Protection, ekstensi domainnya yang banyak banget dan harganya yang murah dibanding registar lain.

Author

Blogger and Freelance Writer // Mostly writer about video games & my random thoughts.

Write A Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.