Pembangun.net, Tempat Kumpul Pebisnis Swakarya

#34 Pembangun.net, forum komunitas untuk para pembangun dan pemilik bisnis swakarya di Indonesia.

Pembangun.net, Tempat Kumpul Pebisnis Swakarya

Tahun 2016 lalu, Coutland Allen memulai website Indiehackers.com, sebuah website yang bertujuan agar para wirausahawan digital berkumpul dan berbagi cerita soal usahanya secara transparan. Di sisi lain, para wirausahawan dan calon wirausahawan lain bisa belajar dari cerita tersebut.

Hanya satu tahun berselang, Indie Hackers diakuisisi oleh Stripe, salah satu platform payment gateaway terbesar di dunia saat ini.

Saya sendiri sudah mondar-mandir di Indie Hackers sejak 2019 lalu sih, membaca banyak cerita founders dari seluruh dunia tentang produk mereka. Bahkan beberapa kali berkesempatan jadi beta tester.


Apa itu Indie Hackers?

Indie Hackers berasal dari kata Indie (Independent) dan Hackers, jika diterjemahkan secara harfiah, Indie Hackers memiliki arti seseorang yang menghasilkan uang secara mandiri.

Saat seseorang menghasilkan uang secara langsung dari pembeli/konsumen, tidak melalui ย perusahaan/orang lain, maka saat itu dia sudah memenuhi kriteria sebagai seorang indie hackers.

Jadi, sebenarnya kata "Indie Hackers" sendiri mencangkup banyak pekerjaan termasuk:

  • Blogger
  • Freelance Artist
  • Podcaster
  • Konsultan
  • Penulis
  • Graphic Designer
  • Content Creator
  • Dan banyak lagi.

Indie Hackers dan Indonesia

Saat saya menuliskan artikel ini, ada setidaknya 300 orang Indonesia atau yang sedang berada di Indonesia yang menjadi member di IndieHackers.com. Jumlah yang tergolong kecil banget, padahal saya pribadi tau kalau jumlah indie hackers di Nusantara sebenarnya lebih besar dari itu.

Saya termasuk orang yang beruntung karena mengetahui beberapa indie hackers dari Indonesia dengan produk-produknya yang keren dan dipakai hampir di seluruh dunia, sayangnya mereka tidak menjadi member saja di IndieHackers.com.

Kenapa Mereka Tidak Ada di Indie Hackers?

Saya bisa memikirkan beberapa kemungkinan sih:

  1. Mereka belum tau mengenai platform komunitas IndieHackers.com
  2. Mereka tidak memiliki cukup waktu untuk berinteraksi dengan komunitas (mereka saat ini sedang fokus membangun produknya).
  3. Mereka masih malu-malu untuk bergabung/ikut aktif berdiskusi karena terhalang bahasa.

Nah, khusus untuk kemungkinan nomor 3. Saya jadi penasaran, memangnya tidak ada ya komunitas/forum mirip IndieHackers.com di Indonesia? Eh ternyata ada...


Pembangun

Saya lupa pertama kali tau tentang komunitas Pembangun dari mana. Tapi, dari sekedar melihat halaman utamanya saja, saya sudah tau kalau forum komunitas ini berisi orang-orang yang punya ketertarikan sama dengan saya.

Fokus dari forum Pembangun adalah pada edukasi tentang bisnis swakarya atau bahasa engrisnya, Bootstrapped Business.

Melalui forum ini juga saya jadi mengetahui beberapa orang dengan bisnis swakaryanya yang memiliki penghasilan cukup besar (untuk standar Indonesia).

Jadi, buat kamu yang tertarik dengan dunia startup, indie hackers dan bootstrapped business, silakan bergabung dengan IndieHackers.com dan Pembangun.net.