3 min read

Perkenalkan: eleventwelfth!

Let me introduce you to eleventwelfth!
Perkenalkan: eleventwelfth!

Udah lama banget enggak nulis di blog ini ya, tulisan terakhir adalah review tentang New Tales From The Borderlands yang ternyata flat banget sebagai sebuah sekuel.

Kali ini saya enggak akan membahas tentang game, tapi soal musik. Ini bukan pertama kalinya sih saya nulis tentang musik, saat masa awal menulis blog waktu SMA dulu, saya menulis hampir semua hal yang saya sukai mulai dari film, game, musik hingga mainan.

Tapi, seiring berjalannya waktu, saya jadi lebih malas dan takut untuk membahas hal-hal yang saya sukai. Kenapa?

  • Karena takut di-judge berdasarkan apa yang saya suka.
  • Enggak punya terlalu banyak waktu buat riset lebih dalam (takut salah).

Untungnya, saat ini saya udah ada di fase baru yang saya sendiri merasa bahagia banget.

Persetan dengan hal yang lain (mungkin) akan pikirkan terhadap semua tulisan-tulisan saya. Intinya, sejak tulisan ini hingga tulisan-tulisan berikutnya di blog ini, saya akan berusaha menulis dan mengutarakan apa yang saya pedulikan.


Oke, let me introduce you to eleventwelfth!

eleventwelfth adalah band math-rock dari Jakarta(?) yang berasa banget terinspirasi dari TOE, band asal Jepang. Coba deh dengerin musik kedua band ini, berasa banget feels-nya.

Apakah ini artinya eleventwelfth adalah TOE versi Indonesia?

Bisa dibilang gitu juga sih, tapi eleventwelfth punya ciri khasnya tersendiri.

Kenapa suka sama eleventwelfth?

  1. Pertama kali 'bertemu' sama eleventwelfth kayaknya lewat cara yang sama dengan banyak orang 'bertemu' dengan band ini yaitu lewat lagu mereka yang judulnya "your head as my favorite bookstore" yang dirilis 2017 lalu. Lagu ini tu enak banget musiknya, liriknya juga menyayat hati banget.
  2. Dengerin deh musik-musik mereka, seriusan. DENGERIN. Melodi gitarnya, ketukan drumnya, suara bassnya, emosi vokalnya. Musik dan lagu-lagu mereka itu 'susah' banget, jadi gak heran kalau kayaknya belum nemu versi koplonya.
  3. Tradisi 11/12. Bisa disebut tradisi gak sih kalau selama beberapa tahun terakhir, eleventwelfth selalu ngerilis single baru di tanggal yang sama yaitu 11 Desember? Jadi ya gitu, mereka PASTI merilis sesuatu di 11 Desember tiap tahunnya selama 5 tahun terakhir. Kadang-kadang juga tiba-tiba rilis mini album atau EP juga sih.
  4. FULL ALBUM IS FINALLY COMING! Ini bonus doang sih sebenarnya, setelah lama berkarya, mereka akhirnya bakal rilis album studio pertamanya di Maret 2023.

11 Desember 2022 ini, eleventwelfth merilis single yang judulnya "(stay here) for a while" yang juga bakal jadi bagian dari album mereka "SIMILAR" nanti.

Sebagai orang yang setidaknya 2 tahun terakhir dengerin band ini, saya merasa banget ada sedikit perubahan dari sisi 'isi lagu'-nya.

Band ini berubah dari band dengan lagu dengan lirik yang menyayat hati kayak lirik lagu "Later On" yang isinya,

After months had fled yet you'd still be nowhere to be found. I'll see you when I see you around.

Atau dari lagu "your head as my favorite bookstore" yang berisi bagian gini,

here now your chapters are closing. your sentence is losing its depth to compile each character you're fusing. the words that you're using it felt less amusing.

Jadi berubah dengan lirik kayak dibawah ini di single paling barunya "(stay here) for a while".

how i would rather spend the latter with you in this place. whithersoever, to the aether, everlasting space.

'Perasaan' dalam lagu-lagunya berubah dari galau dan sedih, jadi bersyukur. Cover / Artwork untuk lagu-lagu mereka juga berubah dari yang awalnya lebih sering hitam putih doang jadi berwarna di single yang paling baru.

Ada yang salah dengan hal ini?

Enggak ada yang salah, sebagai sebuah band dan manusia, eleventwelfth pasti melewati fase dalam kehidupan dan bermusik. Selama musik mereka masih enak didenger, saya gak ada masalah apapun sih dengan isi dari lagunya.

Sekian isi tulisan ini, HAPPY 11/12 dan dengerin deh ini,

your head as my favorite bookstore by eleventwelfth ft. asteriska