Udah lama nih sejak terakhir saya menulis review, kali ini yang akan di-review bukan produk fisik tapi aplikasi untuk baca berita. Nama resmi aplikasinya sih IDN App – Aplikasi Baca Berita Terlengkap, tapi biar singkat kita sebut saja IDN App.

Dari namanya pasti udah tau dong kalau aplikasi ini adalah bagian dari IDN Times dan IDN Media. Oke, disclaimer dulu deh, berikut ini detail versi aplikasi dan alat review yang saya gunakan:

  • Versi Aplikasi: 6.6.0
  • Last Update: 2 November 2020
  • Test Gadget: Google Pixel 2 (Android 11)
  • Internet Connection: Up to 75Mbps

Saya akan mulai mengulas aplikasi ini dari hal yang paling saya tidak suka dari aplikasinya:


That’s ANNOYING Pop-Up!

Saya yakin hampir semua orang tidak menyukai iklan, apalagi dalam bentuk pop-up yang bisa tiba-tiba muncul sembarangan. TBH, saya sebenarnya tidak begitu keberatan jika pop-up yang muncul justru meningkatkan pengalaman saya menggunakan aplikasi.

Misalnya nih, misal…

Saya sedang membaca tulisan tentang betta fish dan sudah sampai di akhir artikel, lalu tiba-tiba muncul nih pop-up bertuliskan “Kamu sepertinya menyukai betta fish, tertarik untuk berlangganan topik seputar betta fish?

Jenis pop-up seperti ini bukannya bikin ilfil, tapi justru malah akan di-klik loh.

Tapi, pop-up yang muncul di IDN App terlalu random. Saya sedang melengkapi profil dengan tanggal lahir, lalu tiba-tiba muncul pop-up untuk memberi rate untuk aplikasinya. Bukannya pengen memberi review dan rate, hal itu malah merusak pengalaman saya menggunakan aplikasinya.

So… IDN App Team, kalau sempat baca tulisan ini, tolong diperbaiki ya 🙂

Proses Loadingnya Kurang Stabil

Saya sih tidak tau pasti teknologi dibalik IDN App ya, tapi harusnya proses loading / pengambilan feed atau teknologi apapun yang digunakan harusnya bisa dioptimalkan lagi.

Memang kasus loading berita yang lambat ini tidak selalu terjadi, tapi ketika sedang terjadi, saya sampai harus membuka ulang aplikasinya agar beritanya muncul lagi.


Nah, itu dua hal yang bisa disebut hal yang ‘bisa ditingkatkan’ dari IDN App ini sih. Sekarang, kita ke bagian yang bikin saya suka.

Night Mode!

Jujur aja sih, saya adalah orang yang suka banget dengan aplikasi yang punya night mode atau mode malam. Pertama, karena lebih ramah di mata saya yang hampir 6 hari per minggu harus berada di depan layar laptop. Kedua, karena lebih ramah pada daya baterai juga sih.

Kontras warna pada mode malam di IDN App termasuk salah satu yang paling baik diantara aplikasi sejenisnya. Warna dasar yang dipilih adalah hitam, jadi kalau layar HP memakai OLED, udah makin hemat baterai tuh.

Pilihan Kategori dan Kualitas Artikel

Pilihan kategori yang ada di IDN App sih terbilang lengkap dan memang lebih condong ke arah Gen Z dan bukan golongan ‘orang tua’. Serunya lagi, kategori atau “Topik” ini bisa dipilih dan aplikasinya akan memprioritaskan memunculkan berita terbaru dari “Topik” yang sudah kita pilih.

Asiknya lagi sih, topik pilihan ini bisa diganti-ganti. Misalnya minggu ini sedang pengen tau perkembangan terbaru seputar politik di Indonesia, bisa! Terus bosen baca politik melulu, minggu depan pengen yang lebih ringan-ringan, bisa!

Bicara soal kualitas artikel/berita…

Balik lagi, IDN App memang lebih condong ke Gen Z, jadi cara penulisan artikelnya bukan kayak koran yang satu paragraf bisa panjjjjaaaannngggg…. banget. Setiap tulisan dibuat dalam paragraf yang bite size sehingga tidak membosankan dan tentu saja dilengkapi dengan gambar.


Itu tadi dua hal yang saya enggak suka dan dua hal yang saya suka dari IDN App, sekarang saya mau nambahin dua hal lagi yang bagi saya bisa ditingkatkan oleh tim dibalik IDN App.

UX Bisa Lebih Baik

User Experience (UX) dari IDN App yang saya pakai saat menuliskan review ini sih udah bagus ya, tapi ada hal-hal kecil yang bisa ditingkatkan lagi sih.

Paling simple, saat pertama kali membuka aplikasi, ketika diberikan sedikit penjelasan mengenai fitur-fitur aplikasinya. Untuk menuju bagian utama dari aplikasinya, harus pencet tombol “Lanjutkan” dibawah atau link “Lewati” di pojok kanan atas.

Apa enggak bisa dibuat bisa swipe juga ya sekalian? Simple sih, tapi akan membantu banget. Swipe juga bisa dipakai saat bagian baca beritanya. Swipe ke kiri untuk balik ke halaman sebelumnya, swipe kanan untuk membaca berita berikutnya di topik yang sama.

Fitur Tanya-Jawab Ditingkatkan Lagi

Fitur Tanya-Jawab di IDN App ini sebuah inovasi yang keren sih. Tapi, dari yang saya lihat saat menulis review ini belum maksimal. para user masih cenderung ‘mencoba’ menggunakan fitur baru ini.

Dan seperti yang saya duga, sudah ada yang menggunakannya untuk spam.

Kalau mau fitur ini sukses, IDN App harus bisa menjawab pertanyaan ini:

“Kenapa saya harus bertanya di IDN App kalau saya bisa bertanya dan mendapatkan jawaban di Quora?”

User Tercinta

Kalau pertanyaan itu bisa dijawab, pasti deh fitur Tanya-Jawab ini bakal ramai.


Sebenarnya sih masih banyak hal yang bisa ditingkatkan dari IDN App ini misalnya:

  • Optimalkan lagi fitur share berita sebagai Instagram Story, saat ini, judul beritanya terlalu dibawah banget.
  • Implementasikan opsi untuk swipe-based navigation, biar makai aplikasinya makin gampang lagi.
  • Video!

Facebook, TikTok, Instagram, dan Twitter sudah menyita terlalu banyak waktu dan perhatian, apakah perlu IDN App lagi?

Kalau menurut saya sih, aplikasi baca berita begini bisa jadi oasis dari membosankannya Facebook, feed Instagram yang bikin insecure, timeline Twitter yang bikin panas dan TikTok yang bikin lupa waktu.

Sekali-kali baca berita soal betta fish tidak ada salahnya kok.

About the Author

Ari

Blogger and Freelance Writer // Mostly writer about video games & my random thoughts.

View All Articles