Review Record of Ragnarok Episode 5-8 (Zeus vs Adam)

#19 Review anime Record of Ragnarok Episode 5-8 (Zeus vs Adam). Pertarungan antara manusia pertama melawan dewa tertinggi Yunani.

Review Record of Ragnarok Episode 5-8 (Zeus vs Adam)

Sebelum membaca review ini, silakan baca Review Record of Ragnarok Episode 1-4 (Thor vs Lu Bu), ini adalah review mengenai pertarungan kedua Ragnarok antara Zeus melawan Adam yang terdapat di episode 5 hingga 8.

Recap Episode 1-4 (Thor vs Lu Bu)

Di pertandingan pertama, Thor berhasil mengalahkan Lu Bu dan membawa umat manusia satu langkah lebih dekat dengan kehancurannya.

Setelah pertandingan pertama, kita juga mengetahui bahwa semua yang terbunuh dalam Ragnarok baik itu manusia, dewa dan valkyrie maka jiwanya akan lenyap dan tidak bisa dikembalikan atau dibangkitkan dengan cara apapun.

Valkyrie yang telah menjadi Volund pun akan 'berbagi nasib' dengan pemegang senjatanya. Sehingga ketika sang pemegang senjata tewas, begitu pula dengan sang valkyrie.

Episode 5-8 (Zeus vs Adam)

Brunhild memilih Adam, sang manusia pertama untuk menjadi perwakilan kedua umat manusia. Adam diusir dari surga bersama dengan istrinya Eve setelah dituduh memakan buah terlarang. Kebenciannya pada para dewa adalah sumber kekuatannya.

Sementara para dewa seharusnya diwakili oleh Shiva, namun kejutan muncul saat justru Hermes yang muncul di arena. Tapi, Hermes hanya muncul untuk mengantarkan lawan Adam yang sesungguhnya... The Final Boss, The God Father Of Cosmos (GFOC)... Zeus!

Kemunculan Zeus sebagai lawan dari Adam menganggetkan banyak orang, terutama Brunhild yang tidak menyangka bahwa Zeus akan bertarung begitu awal.

Namun, Adam ternyata bukan hanya manusia biasa saat diusir dari surga. Dalam Perjanjian Lama, dijelaskan bahwa Adam adalah duplikasi dari Sang Pencipta. Maka, Adam memiliki kekuatan yang dikenal sebagai Divine Reflection/Eyes of The Lords, dimana dia bisa meniru teknik para dewa.

Pertarungan antara Adam dan Zeus terlihat seperti kemenangan Adam sudah ada di depan mata.

Namun, saat Zeus memasuki final form-nya yaitu Adamas dan memukul Adam bertubi-tubi, Adam dipaksa memakai kekuatan Eyes of The Lords secara terus menerus dan membuat tubuhnya menjadi overheat hingga membutakan kedua matanya.

Zeus dan Adam saling bertukar pukulan hingga... Zeus akhirnya terjatuh dan Adam masih berdiri. Sayangnya, Adam sudah lama tewas sebelum Zeus terjatuh dan berlutut di depannya.

Dengan ini, para dewa sudah mendapatkan dua kemenangan dan hanya memerlukan 5 kemenangan lagi untuk memastikan kemusnahan umat manusia.


Review Zeus vs Adam

Pertarungan antara Zeus vs Adam dibuka dengan entrance performance dari keduanya. Walaupun sangat cringe, tapi entrance performance dari Zeus yang diiringi oleh Hermes cukup menghibur.

Terungkapnya kemampuan Divine Reflection milik Adam dan kata-kata dari Apollo, anak dari Zeus yang mengatakan,

Walaupun aku berlatih selama 1000 tahun, aku belum tentu bisa mengalahkan Adam.

Seakan memberikan harapan pada kemenangan umat manusia. Dan seberapa besar kekuatan dari Adam.

Episode pertarungan antara Zeus melawan Adam ini masih memiliki kekuatan yang sama dengan episode pertarungan sebelumnya seperti:

  • Latar belakang cerita dari Adam, Eve dan The Serpent yang diimajinasikan kembali.
  • Hadirnya karakter pendukung seperti Eve hingga Michelangelo yang melukis "The Creation of Adam"
  • Beberapa Plot twist termasuk terungkapnya Divine Reflection milik Adam
  • Unsur komedi yang tepat sasaran.

Tapi, anime Record of Ragnarok masih memiliki masalah yang sama dengan beberapa adaptasi anime yang dibuat Netflix lainnya yaitu:

Animasi yang sangat-sangat kaku, bahkan ada beberapa adegan yang hanya menggunakan satu frame, mirip seperti sebuah presentasi PowerPoint.

Pertarungan pertama antara Thor vs Lu Bu sebenarnya memiliki masalah yang sama, tapi karena detail karakter keduanya yang mengesankan serta jenis pertarungan yang tanpa serangan cepat, jadi animasi yang kaku ini tidak begitu terasa.

Tapi, pertarungan antara Zeus vs Adam adalah pertarungan tangan kosong jarak dekat, sesuatu yang seharusnya memang memerlukan lebih banyak animasi untuk menghadirkan pertarungan yang lebih 'nyata'.


Akhir Kata

Saya sendiri tidak berharap banyak pada animasi dari sisa episode Record of Ragnarok Season 1 tapi semoga animasinya dibuat lebih baik di season berikutnya jika memang akan mendapatkan Season 2.