1 min read

Review Rock Zircon 2 (Obsidian)

Review Rock Zircon 2 Obsidian, yang katanya penerus dari Rock Zircon!
Review Rock Zircon 2 (Obsidian)

Sekitar tahun 2018 lalu, saya pernah punya Rock Zircon generasi pertama (baca: Review Rock Zircon). Untuk kalangan mahasiswa kala itu, kualitasnya bisa dibilang "Oke banget" jika dibandingkan dengan harganya yang masih termasuk 'murah'.

Nah, kini ternyata tiba saatnya saat saya perlu earphone baru lagi...

Setelah cukup lama pilih-pilih, saya akhirnya memutuskan untuk membeli Rock Zircon 2 (Obsidian) yang katanya merupakan adalah penerus dari Rock Zircon yang sudah discontinued.

First Impression Rock Zircon Obsidian

Okeh, dari tampilan luarnya, earphone ini berasa 'mewah' untuk kelasnya. Ya, walau enggak mewah-mewah amat sih sebenarnya, tapi dibandingkan generasi pertamanya, packaging generasi kedua ini lebih bagus.

Kabelnya sudah braided, walaupun diatas Y-split masih menggunakan karet. Tapi, kita tau bahwa kalau kalian sampai spesifik mencari review untuk earphone ini, pasti ingin tahu kualitas suaranya kan. Let's Go!

Kualitas Suara

Seperti biasa, bagian review yang ini sangat-sangat subjektif. Jadi, lebih baik dianggap tidak ada dan percayalah pada telinga sendiri ya.

Low / Bass

Walaupun di bagian kemasannya ditulis "Strong Bass", tapi buat para basshead udah pasti KURANG BANGET. Dibandingkan Rock Zircon generasi pertama, bass-nya kurang banget.

Mid / Vokal

Buat vokal, nuansanya warm banget dan kayak tertahan gitulah, masih jauh banget dari kata clear. Banyak detail-detail suara yang jadi hilang untuk musik yang kompleks.

High / Treble

Ini bagian yang paling parah sih kalo menurut saya, high-nya masih nusuk banget kayak generasi pertamanya, ditambah kualitas suara di level lainnya yang enggak sebagus Rock Zircon generasi pertama.


Kesimpulan

Dibandingkan Rock Zircon generasi pertama yang legendaris itu, penerus ini jauh.... banget levelnya. Gak heran kalau akhirnya Rock Zircon yang bahkan udah discontinued itu harganya jadi 3x lipat di pasaran.

Nah, buat kalian yang nyari earphone di harga yang mepet-mepet, mending ambil JBL T110 deh dibandingkan Rock Zircon Obsidian ini.