Review Swing IE800

Review Swing IE800

Swing IE800 jadi earphone kedua yang saya beli di tahun 2020. Bulan Februari lalu, saya sempat membeli ROCK Zircon (baca: Review ROCK Zircon), tapi hilang entah kemana…

Swing IE800 ini masih masuk dalam kelas ‘kere hore’, harganya masih dibawah 200 ribuan. Tapi, bagaimana dengan kualitasnya? Apakah ini adalah earphone yang cocok buat kamu?

Keunggulan

  • Bass atau lebih tepatnya sub-bassnya mantep banget! Bisalah di compare dengan ROCK Zircon
  • Suara yang dihasilkan jelas.
  • Bahkan tanpa amplify apapun, suara yang dihasilkan sudah sangat keras.

Kekurangan

  • Suara yang dihasilkan bikin telinga cepet capek.
  • Mic-nya sensitif pake banget, jadi kadang malah ngambil suara background noise juga.
  • Kabelnya ini bukan braid, cuma kabel biasa yang dilapis silikon. Agak lengket dan keliatannya dari sononya udah ada melengkung.

Review Lengkap

Bungkusan Mewah

Sewaktu pertama kali barangnya dateng, saya sih agak kaget melihat bungkusannya lumayan mewah untuk earphone ‘segini’. Datang dengan kotak yang solid bahkan pakai magnetic lid.

Di dalemnya ada eartips dengan beberapa ukuran, shirt clip dan juga case. Untuk earphone di harga segini sih, ini udah lumayan banget.

Desain yang Terinspirasi Sennheiser EI800

Tidak bisa dipungkiri kalau earphone Swing EI800 ini terinspirasi dari earphone premium Sennheiser EI800, terutama dari segi desain. Pilihan ini sangat menguntungkan pengguna, karena secara mekanik, earphone sudah memiliki isolasi suara eksternal yang mumpuni.

Desain ini terasa sangat nyaman di kuping walau dengan pemakaian lama dan terlihat mewah.

Build Quality yang Oke

Kita mulai dari bagian housing, terbuat dari campuran antara ceramic dan metal, warnanya yang mengkilat-kilat manja membuatnya makin mewah dan terasa mahal. Di bagian Y-split terbuat dari metal yang terlihat biasa aja.

Kabelnya sendiri sebenarnya sih biasa aja, hanya dilapisi oleh silikon dan entah kenapa kayaknya memang dibuat sedikit melengkung. Panjangnya sekitar 117 cm, jadi lumayan panjang untuk saya pribadi.

Kualitas Suara

Seperti biasa, bagian review yang ini sangat-sangat subjektif. Jadi, lebih baik dianggap tidak ada dan percayalah pada telinga sendiri ya.

Low / Bass

Untuk bass, earphone ini bisa memberikan suara yangdalem tapi gak pecah, ya walaupun bukan yang terbaik sih. Kalau pernah mencoba ROCK Zircon, kualitas low-nya bisa di compare antara keduanya. Tapi, menariknya SWING EI800 ini bisa memberikan kualitas suara di mid dan high yang bahkan lebih keren lagi.

Mid / Vokal

Detail vokal terdengar jelas, tapi masih terlalu warm buat selera saya pribadi. Di volume yang agak tinggi, mid-nya jadi sedikit kehilangan detail suaranya.

High / Treble

Oke, bagian ini harus bandingin lagi-lagi sama ROCK Zircon tadi. Balik lagi, suaranya sebenarnya jelas banget, detailnya tapi tapi high-nya terasa nusuk banget. Kalau pernah mencoba ROCK Zircon dan merasa kurang nyaman dengan high-nya, ini justru lebih nusuk lagi. Tapi, kalau bisa bertahan, enak juga kok lama-lama.

Kesimpulan

Earphone ini dapat nilai 5/5 dari situs AudioBudget.com, jadi pertanyaan “Apakah harga dan kualitasnya sepadan?” sudah pasti mendapat jawaban “Iya” bahkan “Iya banget“.

Tapi, kembali lagi, dari segi desain dan build quality, earphone ini sih sudah oke banget, tinggal apakah karakter suara yang dihasilkan cocok dengan kamu atau tidak sih. Semoga review ini membantu.