SEO Website, Mulai Dari Mana?

#76 SEO adalah permainan jangka panjang dan ini adalah cara bermainnya.

SEO Website, Mulai Dari Mana?

Saya sudah bermain dengan SEO cukup lama, walau tidak bisa dikatakan jago, tapi saya masih paham prinsip-prinsip dasarnya.

Sejak dulu, SEO adalah permainan jangka panjang dimana "Winner Takes All". Artinya, sebuah website yang memenangkan SEO dipastikan mendapatkan lebih dari 60% keuntungan / trafiknya.

Google sendiri katanya memiliki ratusan 'ranking factors' untuk menentukan peringkat sebuah situs. Tapi, ada beberapa faktor yang selalu ditekankan oleh perusahaan mesin pencari ini.

  1. Website Speed
  2. Mobile Friendliness
  3. HTTPS

Tiga hal ini adalah faktor WAJIB yang dimiliki sebuah website dimasa sekarang.

Website Speed berarti sebuah website harus bisa ter-loading dengan cepat di semua generasi jaringan dan perangkat, dari 3G hingga 5G, dari mobile hingga PC. Cek website di PageSpeed Insights, jika sudah mendapatkan skor warna hijau, berarti sudah cukup.

Mobile Friendliness ini berarti sebuah website harus memiliki tampilan yang 'nyaman' untuk perangkat mobile. Bagaimana caranya? Bisa dengan menerapkan Responsive Design maupun Adaptive Design, tergantung selera dan tujuan.

HTTPS berarti interaksi antara user dengan website dilakukan melalui saluran yang terenkripsi dengan baik dan benar.


Berdasarkan pengalaman pribadi saya, selain tiga faktor WAJIB di atas, ada tiga faktor lagi yang harus diperhatikan untuk memenangkan SEO.

Struktur Website yang Baik

Struktur website yang baik itu seperti apa?

  • SETIAP HALAMAN memiliki judul (title), meta description dan heading tag (H1) yang relevan.
  • Website menggunakan "user-friendly URL", misalnya idearik.com/judul-artikel dan bukan idearik.com/egas9312
  • Internal link building yang baik. Ada link yang mengarah ke halaman/artikel lain di website. Tujuannya? Agar user menetap lebih lama di website.

CMS modern seperti WordPress dan Ghost menawarkan dua poin pertama secara default.

Title dan Meta Description adalah apa yang muncul di halaman hasil pencarian, jadi gunakan semaksimal mungkin.

  • Panjang title: 50 - 60 karakter
  • Panjang meta description: 150 - 160 karakter.

Tulis Blog Sesuai Kata Kunci yang Dicari Orang

Ini sebenarnya merupakan langkah SEO yang sering dilupakan banyak orang.

Jangan menulis membabi buta. Sebelum menulis, selalu tanyakan diri sendiri, "Konten seperti apa yang akan berada di peringkat #1 hasil pencarian?"

Jawabannya: Konten yang menjawab search intent user.

Berdasarkan dari hal tersebut, kita bisa melakukan langkah-langkah sebagai berikut:

  • Cari tau apa yang dicari oleh calon pembeli / klien / pengunjung website
  • WAJIB menggunakan tool riset kata kunci seperti Ahrefs, SEMrush atau Moz. Kenapa wajib? Hemat waktu, hasil lebih akurat.

Apa yang harus dicari? Topik/kata kunci yang relevan dengan website dan usahakan mendapat kata kunci yang persaingannya mudah.

"Persaingan mudah" itu seperti apa? Banyak yang mencari kata kunci tersebut, tapi belum ada konten yang benar-benar bisa menjawab hasil pencarian tersebut dengan baik.

Langkah ini adalah soal konsistensi. Tulislah blog setiap minggu atau paling sedikit dua minggu sekali. Dan karena SEO adalah permainan jangka panjang, tidak ada salahnya menyewa jasa agensi atau freelancer untuk membantu.

Reputasi Domain

Sederhananya, ini adalah soal backlink. Tapi, pastikan untuk mendapat backlink yang benar-benar berkualitas karena ini akan mempengaruhi skor Trust Flow dan Citation Flow juga.

Bagaimana melakukannya?

  • Promosi dengan benar di semua tempat (tetap hindari spam).
  • Temukan website yang relevan dan coba untuk menjadi guest writer di website tersebut.
  • Tulis artikel pillar. Sebuah artikel yang sangat-sangat mendalam dan penuh dengan data sehingga website lain memberikan backlink secara suka rela ke halaman tersebut.

Saran

Saran dari saya sih, SEO ini adalah permainan jangka panjang. Jadi, mulailah seawal mungkin. Bahkan saat website / usaha / bisnis baru benar-benar dimulai.

SEO biasanya menunjukan hasilnya setelah lebih dari 6 bulan. Tapi, bayangkan seberapa banyak trafik yang bisa dihasilkan ketika mendapatkan lebih dari 60% trafik dari hasil pencarian Google.

Perlu digarisbawahi juga bahwa SEO sebenarnya merupakan sumber trafik "gratis" yang bisa bertahan lama, dibandingkan trafik dari iklan berbayar ataupun sosial media.