Tidur adalah Investasi

#3 Kenapa tidur adalah sebuah investasi yang dilupakan banyak orang.

Tidur adalah Investasi

Mendapatkan tidur malam yang cukup adalah sebuah investasi yang diremehkan banyak orang.

Kok bisa tidur dianggap investasi? Bukannya kita kehilangan waktu bekerja kalau memilih tidur?

Kurang Tidur Itu Merugikan

Tidur yang nyenyak di waktu yang benar akan membuat tubuh bisa berfungsi dengan baik. Kata kuncinya adalah dua itu: nyenyak dan waktu yang benar.

Orang yang mengalami kurang tidur akan jadi kurang produktif dalam bekerja dan kurang konsentrasi dalam belajar. Mereka umumnya perlu waktu lebih lama untuk menyelesaikan tugas, sering membuat kesalahan dan waktu reaksinya lebih lambat.

Kurang tidur sudah jelas pengaruhnya bagi pekerja karena bisa menurunkan performa. Ini bisa berujung pada pemotongan gaji bahkan hingga pemecatan.

Kalau dilihat dari segi kesehatan pun, kurang tidur meningkatkan risiko penyakit jantung, ginjal, diabetes dan stroke. Sistem imunitas tubuh manusia sangat bergantung pada tidur untuk bisa bekerja dengan baik.

Berinvestasi Pada Tidur yang Lebih Baik

Tidur adalah sebuah aktivitas yang perlu dedikasi, antara 6-8 jam per harinya.

Memang apa manfaat tidur yang cukup?

Jiwa yang waras dan raga yang sehat! Tidur yang nyenyak akan berujung pada hari yang produktif.

Untuk mendapat tidur yang baik, jangan takut untuk berinvestasi. Investasi disini maksudnya membeli kasur, seprei, bantal dan hal-hal lainnya untuk mencapai tidur terbaikmu.

Jika harapan hidup orang Indonesia sekitar 72 tahun, maka 24 tahun diantaranya akan dihabiskan dengan tidur. Untuk sebuah tempat dimana kamu akan menghabiskan sepertiga hidupmu, jangan pelit!

Tips untuk Tidur

  • Jangan minum alkohol 3-4 jam sebelum tidur. Karena tubuh menghabiskan tenaga untuk memproses alkohol saat kita tertidur.
  • Jangan makan terlalu malam. Mirip seperti alkohol, karena tubuh perlu waktu dan tenaga menghabiskan tenaga memproses makanan.
  • Jangan makan makanan manis (gula) sebelum tidur. Selain tubuh akan perlu waktu untuk memprosesnya. Gula juga akan membuat tubuh terbangun saat kadar gula tubuh jadi normal.
  • Jangan minum kopi setelah makan siang. Kafein punya waktu aktif hingga 5 jam, dan setelah 5 jam, kafein masih menyisakan setengah kadarnya di dalam tubuh.
  • Lakukan 'Pendinginan' rutin sebelum tidur. Buat serangkain aktivitas rutin dan terus-menerus yang menandakan kamu akan segera tidur, misalnya: gosok gigi, cuci kaki kemudian membaca buku selama 30 menit. Atau, melakukan meditasi selama 30 menit.
  • Buat jam bangun rutin. Aneh? Enggak. Kalau tubuhmu kalau dia akan dibangunkan oleh suara alarm pada jam 6 pagi, dia akan membiasakan dirinya untuk merasa 'lelah' sekitar pukul 10 malam agar tubuhmu mendapatkan tidur yang cukup.
  • Jauh-jauh dari 'layar' sebelum tidur. Smartphone, TV, laptop, tablet, monitor. Just No!

Agar Tidak Terbangun Di Malam Hari

  • Jauhkan tangan dari jangkauan HP. Matikan notifikasi, layar ponsel menghadap ke bawah.
  • Pastikan tidak ada suara dan cahaya yang bisa menganggu tidur di malam hari.