Tips & Trik Bermain Otherworld Legends

Tips dan trik simple dalam bermain Otherworld Legends dan mengalahkan final boss.

Tips & Trik Bermain Otherworld Legends

Sudah cukup lama sepertinya saya tidak menulis soal video game, terakhir adalah tentang Among Us 2 di September 2020. Kali ini, saya mau menuliskan tentang Otherworld Legends, sebuah game dari developer ChillyRoom asal Tiongkok.

Sebelum Otherworld Legends, beberapa game dari developer ini yang cukup dikenal adalah Soul Knight dan We Happy Restaurant. Bahkan, Soul Knight masuk sebagai Editor's Choice di Google Play Store. Jadi, kualitas game mereka tidak perlu diragukan sih.

Apa sih Otherworld Legends?

Otherworld Legends termasuk dalam rougelike game, genre dengan tiga karakteristik utama:

  • Dungeon/Level yang berubah-ubah (procedually generated)
  • Turn-based
  • Permadeath

Otherworld Legends masuk dalam kategori ini karena memiliki elemen procedually generated level dan permadeath.

Diceritakan seorang penyihir bernama Asurendra atau Asura membuat sebuah dunia fatamorgana. Beberapa petarung dari waktu dan dimensi yang berbeda harus bersatu untuk memecahkan misteri dunia fatamorgana ini.

Terdapat beberapa karakter yang bisa dipilih dengan tipe serangan, keunikan dan skill yang berbeda-beda.

Ada juga item yang bisa didapatkan selama permainan yang memiliki efek yang berbeda-beda, mulai dari meningkatkan damage serangan hingga sesederhana menghilangkan suara pertarungan dan menggantinya dengan musik.

Karakter, skill dan items yang berbeda-beda dikombinasikan dengan level yang terus berubah-ubah akan menghadirkan pengalaman bermain yang tidak pernah sama setiap kali masuk ke dungeon.


Kenapa kamu harus bermain Otherworld Legends?

  1. Game utamanya offline, jadi bisa dimainkan dimana saja. Tapi, game ini juga bisa dimainkan secara multiplayer dengan membuat room untuk multiplayer.
  2. Memakai grafik pixelate. Banyak yang bilang grafisnya PS1, tapi tau tidak keuntungan dari grafis semacam ini? Hemat baterai! Tapi tetep cakep.
  3. Dipanggil orangtua saat sedang bermain? Tenang, game ini akan melakukan save di titik terakhir ditinggalkan, sekalipun gamenya ditutup atau HP tiba-tiba mati.
  4. Walaupun gamenya content-gated (untuk memainkan semua karakter, cara satu-satunya adalah dengan membayar), tapi main secara gratis pun sudah bisa mendapatkan hingga tiga karakter. Dan kalau memang merasa suka dengan gamenya, bisa download versi mod mencoba-coba karakter dulu dan membeli yang disukai.
  5. End-Game Content yang menantang. Udah berhasil 'menamatkan' gamenya? Tenang, masih banyak tantangan yang bisa dilakukan. Perlu lawan yang lebih sulit? Level yang lebih menantang? Semua bisa diatur.

Tips dan Trik Bermain Otherworld Legends

Tips dan trik dibawah ini mungkin tidak cocok untuk semua orang, tapi dengan tips dan trik dibawah ini saya sih berhasil mencapai dan mengalahkan level boss terakhir hanya dengan fighter paling awal, Quan Huying.

Selalu Pilih Karakter Favoritmu

Ini jadi tips pertama yang selalu diberikan untuk game character-based, kenapa? Karena bermain dengan karakter yang cocok dan disukai akan selalu menyenangkan, dibandingkan bermain dengan karakter yang sedang 'meta' tapi belum tentu memberikan kesenangan yang sama.

Sampai artikel ini ditulis (April 2021), Otherworld Legends baru memiliki delapan karakter. Dan karakter favorit saya tetaplah Quan Huying, karena memang cocok dengan gaya bermain yang saya sukai, fast melee-combat.

Tapi di ranking dua, favorit saya adalah Oli, karena dengan item yang tepat, Oli bahkan tidak perlu bertarung untuk menghancurkan setiap level.

Jadi, sempatkan untuk mencoba setiap karakter dulu sebelum memutuskan untuk membeli ya.

Fokus pada Item, bukan Weapon

Weapon dengan rarity yang tinggi memang akan memberikan base-damage, attack speed dan crit chance yang makin besar juga. Tapi, item-lah yang akan membuat setiap gameplay jadi lebih menyenangkan dan lebih mudah.

Dalam Otherworld Legends, Weapon memiliki kategori yang berbeda dengan Item sehingga tidak bisa di-merge dengan item lain maupun dicuri oleh musuh.

Setiap karakter memiliki 7 weapon dengan rarity yang berbeda, sementara, ada sekitar 120 item berbeda, termasuk secret dan merge-only items di Otherworld Legends.

Jadi, fokuslah pada item dengan cara:

  • Selalu ambil semua item
  • Kombinasikan item sehingga cocok dengan gaya bermainmu
  • Jangan pernah takut melakukan merge pada item yang tidak berguna bagimu dalam sebuah run

Pelajari Pattern Serangan Musuh

Ada sekitar 62 jenis enemy dengan karakter berbeda di Otherworld Legends dan hampir semuanya memiliki pattern dalam menyerang.

Untuk musuh biasa, pattern-nya tergolong sederhana, cukup memperhatikan bagaimana masing-masing jenis musuh menyerang.

Misalnya, Slime adalah musuh yang tergolong sangat lambat dan hanya akan menyerang ketika sangat dekat dengan fighter. Tapi, serangannya tergolong sangat cepat dan memiliki damage yang tinggi.

Sementara untuk boss, pattern-nya bisa saja memiliki beberapa fase berbeda dan akan dipengaruhi beberapa hal.

Misalnya, boss Iblis memiliki patung emas di dalam boss room-nya, jika dihancurkan, Iblis tidak akan lagi memiliki immunity setelah memanggil para minions-nya. Tapi, jumlah minions yang dipanggil akan lebih banyak dan Iblis akan menjadi lebih besar.

Jadi, terserah mau melawan Iblis dengan minions yang lebih banyak atau Iblis dengan immunity dalam jangka waktu tertentu.

Itu aja sih beberapa tips dan trik dari saya dalam bermain Otherworld Legends, sama seperti game roguelike lain, keseruan bermain game ini adalah dari setiap run yang tidak pernah sama dan mempelajari setiap bagian (item, musuh, weapon dan dungeon) untuk mendapatkan the perfect run.

🚨🚨🚨 Spoiler Ahead! 🚨🚨🚨

Trik Melawan Asura di Otherworld Legends

Asura adalah 'raja terakhir' dalam Otherworld Legends. Sampai artikel ini tulis (April 2021), Asura adalah boss paling sulit karena memiliki tiga fase untuk dilawan. Berikut ini beberapa triknya.

Asura Fase Pertama

Asura pada fase pertama ini 'angkuh', berpindah dengan cara teleportasi dan mengacuhkan fighter. Asura juga tidak akan mempan pada stun, fear dan daze.

Serangannya pada fase ini cenderung lambat dan mudah ditebak, hanya hati-hati saja dengan Warrior Gather, yaitu minions yang dipanggil oleh Asura saat HP-nya sudah mulai sangat rendah di fase pertama ini.

Asura Fase Kedua

Asura di fase kedua adalah yang paling agresif tapi sekaligus dengan HP paling sedikit. Asura hanya tidak mempan pada fear di fase ini, jadi stun dan daze bisa dimanfaatkan.

Untuk fase ini, hanya serang Asura saat dia diam / selesai melakukan satu serangan. Kesempatan ini akan sering muncul kok pada fase kedua.

Asura Fase Ketiga

Pada fase ini, Asura jadi berukuran sangat besar, memiliki HP yang berlapis-lapis tapi juga paling mudah diserang. Bagian yang bisa diserang adalah batu permata yang ada di dadanya dan bisa diserang terus.

Cukup hindari serangan-serangan yang dilancarkan dari Asura dan terus menerus serang batu pertama di bagian dadanya. Sedikit bantuan:

  • Saat Asura akan menyerang dengan Light Clones, dia akan melipat jari tengahnya.
  • Saat akan menyerang dengan Power Spheres, dia akan melipat jari manisnya.